Panglima TNI Tunggu Arahan Kemlu untuk Jemput WNI di China

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan pesawat dan juga tenaga medis untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan, China.

Hanya saja, dirinya masih menunggu arahan dari Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi soal waktu evakuasinya.

Muat Lebih

“Kalau TNI kan selalu menyiagakan. Kita menyiagakan pesawat. Kemudian juga menyiagakan tenaga medis,” kata Hadi di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

“Lima hari yang lalu juga saya perintahkan Kapuskes TNI bersama Diskes Angkatan menyiapkan peralatan apa saja yang harus dibawa termasuk baju astronot yang putih-putih itu, termasuk juga ruang isolasi itu saya juga minta, termasuk juga untuk memonitor panas tubuh manusia,” tambahnya.

Yang pasti, kata Hadi, pihaknya juga akan mempertimbangkan menyewa pesawat sipil milik Lion Air jika memang diperlukan.

“Tinggal kita koordinasi dengan Bu Menlu kapan kita diberangkatkan. Seandainya pun mencarter pesawat sipil itu (Lion Air) juga, itu adalah sudah menjadi pertimbangan dari Ibu Menlu,” jelasnya.

Saat ditanya apakah personel TNI nantinya akan terbang dengan pesawat sipil tersebut, pihaknya masih menunggu arahan dari Menlu karena Menlu menjadi leading secto. “Ya nanti kami tunggu perintah dari Menlu. Ya kan. Ini leading sector-nya kan Menlu, kami yang penting siap kapan Bu Menlu minta bantuan, kita siap,” imbuhnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *