Pecah Kendi Tandai TNI AL Diperkuat 2 Kapal Perang Baru Buatan Anak Bangsa

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Kekuatan armada perang  TNI AL bertambah dengan hadirnya dua kapal perang hasil karya anak bangsa, yakni KRI Gulamah 869  dan KRI Bubara 868.

Dua unit kapal cepat ini, adalah murni hasil karya anak bangsa yaitu dari perusahaan PT. Caputra Mitra Sejati (CMS) dimana pembuatan cara kontrak oleh Dinas Material Angkatan Laut (Dismatal) sejak tanggal 08 Juni 2018.

Muat Lebih

Penyerahan armada tersebut ditandai dalam upacara serah terima Kapal PC 40 M dan peresmian serta pengukuhan Komandan KRI Bubara-868 dan KRI Gulamah-869 yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, bertempat di Dermaga Marina Batavia Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Pada kesempatan ini Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, dirinya sangat bangga dan mengapresiasi akan prestasi ini, karena kapal ini murni hasil karya anak bangsa.

“Capaian ini mendukung kebijakan pemerintah dalam membangun kemandirian dan menjaga keberlanjutan, terutama dalam industri pertahanan Nasional,” kata Kasal, Rabu (18/12/2019).

Dua unit kapal cepat ini yakni KRI Bubara 868 di serahkan ke Satuan Patroli (Satrol) Lantamal IV Tanjungpinang dan KRI Gulamah 869 di tempatkan di Satrol Lantamal V Surabaya.

“Dengan adanya dua unit kapal cepat ini, tentunya akan dapat menambah kekuatan TNI Angkatan Laut untuk patroli dan menegakkan hukum di wilayah hukum teritorial laut Indonesia,” harapnya.

Panglima Koarmada II, Laksda TNI Heru Kusmanto berharap, dengan kapal baru ini intensitas patroli bisa ditingkatkan, dan area operasi bisa diperluas hingga ke daerah yang sebelumnya sulit dijangkau padahal rawan kejahatan dan pelanggaran hukum.

“Dengan kehadiran KRI Gulamah 869 di Satrol Lantamal V, intensitas patroli akan dapat ditingkatkan, supaya timbul rasa aman di kalangan masyarakat pengguna jasa transportasi laut,” ujar Heru.

Menjelang acara peninjauan kapal bersama rombongan, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji menjalani prosesi pecah kendi. Pecah kendi ini adalah acara tradisi angkatan laut saat mendapatkan kapal baru. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *