Pejalan Kaki di Jakarta Terendah Sedunia, Anies Giat Kampanyekan Naik Sepeda dan Jalan Kaki

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa Jakarta adalah kota dengan jumlah pejalan kaki paling rendah dibandingkan dengan kota-kota besar di seluruh dunia.

Hal itulah yang mendorongnya untuk membangun pedestrian yang memanjakan pejalan kaki.

Muat Lebih

“Di Jakarta kami sedang mendorong supaya masyarakatnya mau berjalan kaki. Kita adalah kota dengan jumlah pejalan kaki paling rendah,” kata Anies pada acara Gowes dan Jalan Sehat pada perayaan Milad Barisan Nusantara ke-6, Ahad (15/12/2019).

Pada kesempatan tersebut, Anies mendorong warga Ibukota untuk kembali membudayakan berjalan kaki.

“Karena kita cenderung naik kendaraan beroda. Begitu ke luar rumah, naik motor, naik mobil. Jarang sekali berjalan kaki,” ucap Anies.

Selain itu, Anies juga sedang giat mengkampanyekan masyarakat DKI untuk menggunakan sepeda bukan hanya sebagai alat olahraga namun juga alat transportasi.

Menurut mantan menteri pendidikan itu, transportasi sepeda lebih menguntungkan, mulai mengurangi polusi hingga memudahkan mobilitas warga.

“Lebih murah, tidak ada polusi, parkirnya gampang, benar nggak?” tandas Anies di hadapan ribuan peserta Gowes dan Jalan Sehat yang memadati Area Banjir Kanal Timur.

Anies menambahkan, naik sepeda tidak perlu bayar pajak, seperti alat transportasi lainnya. Dan agar aman, tambahnya, saat ini pemprov DKI sedang giat melakukan pembangunan jalur sepeda.[rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *