Pemerintah Harus Nyatakan Sikap untuk Muslim Uighur

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengatakan sepakat dengan langkah pemerintah Indonesia untuk tidak ikut campur urusan dalam negeri Cina terkait muslim Uighur.

Namun, Ia meminta pemerintah untuk menyatakan sikap agar Cina memberikan kebebasan beragama terhadap warga negaranya.

Muat Lebih

“Menurut saya harus ada pernyataan sikap. Ya sikap itu bisa saja mengimbau jangan dilakukan pembatasan beribadah, berikan kebebasan untuk menjalankan agama bagi muslim yang ada di Uighur. Ada keberpihakan terhadap penindasan pada muslim Uighur,” kata Kharis di Jakarta, Sabtu (28/12/2019).

Sebagai negara muslim, Indonesia diharapkannya mengambil sikap. Ia sepakat pemerintah tidak ikut campur urusan dalam negeri Cina, hal tersebut sesuai dengan politik luar negeri yang dianut bangsa Indonesia.

“Tapi jika terjadi penindasan, pelanggaran HAM dan Indonesia sebagai, apalagi ini definitif sekali yang ditindas, yang seperti yang di berita itu adalah orang Islam. Sementara Indonesia negara yang mayoritas muslim atau muslim terbesar itu saya kira tidak bisa tinggal diam. Minimal dengan statemen,” jelasnya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *