Pilkada Rasa Pilpres, PSI Tangsel Siapkan Debat Terbuka Antarbalon Walikota

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM– Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia (DPP PSI), mengumumkan 11 nama bakal kandidat kepala daerah Tangerang Selatan dan sebanyak 6 nama bakal kandidat kepala daerah Surabaya dinyatakan lulus dalam seleksi terbuka yang merupakan bagian dari Konvensi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Pilkada 2020.

Menariknya, konvensi PSI ini akan menghadirkan ‘Pilkada rasa Pilpres’. Karena, PSI menyiapkan debat terbuka antarkandidat layaknya, debat terbuka pasangan Capres-Cawapres beberapa waktu lalu.

Muat Lebih

Diketahui, seleksi terbuka untuk Tangerang Selatan diikuti 18 peserta, sementara untuk Surabaya diikuti 12 peserta. “Setelah nilai dari para panelis dijumlahkan dan dirata-rata, diperoleh nama-nama yang lulus. Selanjutnya, mereka akan menjalani fase sosialisasi ke konstituen dan survei,” kata Ketua Konvensi PSI, Isyana Bagoes Oka, dalam konferensi pers, kemarin.

Nama kandidat bakal calon kepala daerah Kota Tangerang Selatan antara lain (sesuai abjad) Ade Irawan, Azmi Abubakar, Fahd Pahdepie, Kemal Mustafa Sudarma, Kemal Pasya, Kokok Herdhianto Dirgantoro, Mikhail Gorbachev Dom, Muhammad, Siti Nur Azizah, Suhendar dan Tomi Patria Edwardy.

Untuk Surabaya mereka yakni Budi Santoso, Dwi Astutik, Firman Syah Ali, Gunawan, Sally Azaria, Zahrul Azhar Asumta.

Isyana Bagoes Oka mengatakan, nama-nama yang dinyatakan lolos ini diminta turun langsung ke masyarakat untuk bersosialisasi. Karena nantinya, survey popularitas akan dilakukan juga oleh PSI, sebagai tolak ukur apakah calon terkait tingkat popularitasnya bagus atau tidak.

“Tahapan berikutnya dimulai bulan Februari hingga April yakni sosialisasi. Jadi, masing-masing kandidat bisa turun ke masyarakat. Dan nanti akan dilakukan juga debat terbuka di masing-masing daerah,” jelas Isyana.

“Dan mulai tanggal 9 April hingga 29, diharapkan juga akan dilakukan survey. Hasil survey ini akan digabungkan dengan penilaian pada seleksi terbuka pada Januari lalu. Dan pengumumanya akan dilakukan pada 30 April,” tegasnya.

Ketua DPD PSI Kota Tangsel Andreas Arie menambahkan, kepada 11 nama yang diumumkan lolos seleksi ini agar mensosialisasikan diri ke masyarakat. “Sesuai dengan jadwal yang disampaikan DPP tadi, bahwa 11  kandidat balon walikota Tangsel diharapkan turun sosialisasi ke masyarakat,” katanya singkat.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *