Polisi Didesak Bongkar Kejanggalan Penangkapan Pelaku Penyerang Novel Baswedan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Penyerang penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan telah ditangkap Polisi. Pelaku adalah dua anggota Polri aktif inisial RM dan RB.

Pengacara Novel menunggu penjelasan lengkap Polri soal sosok dua polisi penyerang kliennya.

Muat Lebih

“Karena kalau hanya menyebutkan dua polisi aktif, bisa semua polisi aktif tersandera,” kata pengacara Novel, Saor Siagian, Sabtu (28/12/2019).

Polisi diharapkan memunculkan sosok penyerang Novel. Apakah sosok yang sama dengan sketsa wajah yang pernah dirilis sebelumnya.

“Saya kira dengan ditunjukkan publik menjadi tahu atau setidak pengacara pernah ditunjuk sketsa wajahnya. Kita gak tau siapa yang dua itu, kepanjangannya apa, kesatuan ya apa selama ini kan belum ada. Belum juga diperkenalkan ke publik,” jelasnya.

“Apakah berkaitan dengan sketsa yang dirilis polisi?” sambung Saor.

Sebelumnya, Tim Advokasi Novel Baswedan mendesak kepolisian untuk mengungkap motif pelaku yang tiba-tiba menyerahkan diri, apabila benar bukan ditangkap.

Pelaku juga harus dipastikan bukanlah orang yang ‘pasang badan’ untuk menutupi pelaku yang perannya lebih besar.

“Oleh karena itu, Polri harus membuktikan pengakuan yang bersangkutan bersesuaian dengan keterangan saksi-saksi kunci di lapangan ,” kata Tim Advokasi Novel Baswedan, Muhammad Isnur.

Menurut Isnur, terdapat kejanggalan-kejanggalan yang terdapat pada penangkapan kedua pelaku.

“Adanya SP2HP tertanggal 23 Desember 2019 yang menyatakan pelakunya belum diketahui, Polri harus menjelaskan keterkaitan antara sketsa wajah yang pernah dirilis dengan tersangka yang baru saja ditetapkan,” tambah Isnur.

Pihaknya juga meminta agar kepolisian segera mengungkap jenderal dan aktor intelektual lain yang terlibat dalam kasus penyiraman dan tidak berhenti pada pelaku lapangan.

Sebelumnya, kedua pelaku saat ini sudah ditahan di tahanan Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat. Saat ini, kedua pelaku tersebut tengah dalam pemeriksaan oleh aparat kepolisian.

Tertangkapnya dua terduga pelaku penyerangan Novel Baswedan menjadi babak baru pengungkapan dalang aksi brutal dengan air keras tersebut. Setelah dua tahun lebih proses penyelidikan dan penyidikan, baru hari ini kepolisian merilis terduga pelaku. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *