Prabowo Subianto Lanjutkan Safari Internasional: Dari China, Jepang Lanjut ke Negeri Tetangga Malaysia  

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melanjutkan aksi safari internasionalnya. Usai lawatan ke China, Prabowo melanjutkan safari internasionalnya ke Jepang dan negeri tetangga Malaysia.  

Pada Rabu (3/4/2024), Prabowo melawat ke Jepang. Di negeri Sakura, Prabowo bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang H.E. Fumio Kishida dan Menteri Pertahanan Jepang H.E. Kihara Minoru. 

Muat Lebih

Saat bertemu PM Jepang, Prabowo mengungkapkan keinginannya untuk bekerja sama khususnya terkait kerja sama pertahanan yang lebih mendalam antara Indonesia dan Jepang. 

“Kedua negara telah membangun hubungan kerja sama yang baik sejauh ini, dan meminta pemerintah Jepang untuk bekerja sama guna mencapai hubungan yang lebih kuat di masa depan dan meningkatkan kolaborasi di bidang pertahanan,” tambah Menhan RI. 

Sementara saat bertemu Menhan Jepang Kihara, Prabowo menyampaikan keinginannya di masa yang akan datang jumlah kadet dari Indonesia semakin bertambah. 

“Dulu saya bertemu Menhan Jepang dan meminta pengiriman kadet dari Indonesia. Dimulai dengan pengiriman dua orang. Setelah itu, saya meminta lagi jumlah pengiriman kadet Indonesia ke sekolah pertahanan Jepang hingga menjadi empat orang,” kata Menhan Prabowo 

“Saat ini saya ke Jepang, berharap ada penambahan jumlah pengiriman Kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang,” sambungnya. 

Menhan Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan Jepang H.E. Kihara Minoru. Foto: Dok/Humas/Kemhan RI

Kedua pejabat juga bertukar pandangan mengenai masalah keamanan regional. 

Dalam kesempatan itu Menhan Kihara menyatakan bahwa dirinya ingin menjaga dan mewujudkan  kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka atas dasar supremasi hukum bersama dengan Indonesia, karena Jepang dan Indonesia adalah negara maritim. 

Dalam pertemuan ini, kedua Menhan juga membahas kerja sama pertahanan, baik dalam kerangka bilateral maupun multilateral.  

Ke Malaysia 

Usai lawatan ke Jepang, Prabowo Subianto melanjutkan safari internasionalnya ke Malaysia. Presiden RI terpilih itu tiba di Pangkalan Udara Subang di Shah Alam, Selangor, Malaysia, Rabu malam (3/4).  

Tujuan Menhan Prabowo ke Malaysia dalam rangka kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Anwar Ibrahim. Dijadwalkan pertemuan kedua negara berlangsung hari ini, Kamis (4/4). 

Kedatangan Menhan Prabowo beserta Delegasi RI di Pangkalan Udara Subang, Malaysia langsung disambut oleh Menteri Pertahanan Malaysia, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin dan Athan RI di Kuala Lumpur Brigjen TNI Winarno. 

Pertemuan kedua negara ini didasarkan pada keinginan untuk memperkuat hubungan diplomatik serta rasa optimisme bahwa kerja sama pertahanan Indonesia dan Malaysia akan semakin signifikan di masa yang akan datang. 

Menhan Prabowo berkunjung ke Malaysia didampingi sejumlah pejabat Delegasi RI yaitu Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Kabais TNI, dan Kabaranahan Kemhan. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *