Presiden Rouhani: Iran Menyambut Kerjasama Global, Untuk Menyelidiki Kecelakaan Pesawat Ukraina

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan negaranya menyambut baik setiap kerjasama sesuai kerangka peraturan internasional untuk menjelaskan lebih lanjut tentang kecelakaan pesawat penumpang Ukraina di dekat Teheran, Rabu (8/1/2020). Iran bahkan akan menyediakan semua fasilitas konsuler yang diperlukan dalam hal ini.

“Penelitian yang bermanfaat telah dilakukan untuk menemukan penyebab kecelakaan ini dan penyelidikan komplementer juga sedang dilakukan dengan presisi dan kecepatan untuk mendapatkan kesimpulan akhir,” kata Rouhani saat berbincang melalui sambungan telepon dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, melansir presstv.com, Minggu (12/1/2020).

Muat Lebih

Presiden Iran mengatakan kecelakaan itu sepenuhnya “insiden tragis” bagi warga Iran dan Kanada serta semua orang yang warganya berada di pesawat tersebut. Rouhani menyatakan bahwa Iran telah melakukan upaya terbaik sejak pertama kali pesawat tersebut jatuh, guna menemukan alasan dibalik kecelakaan itu dan akan menginformasikan kepada publik dunia tentang hasilnya lebih lanjut.

Dia menekankan bahwa dia telah memberikan semua perintah yang diperlukan kepada otoritas dan badan yang relevan untuk melanjutkan penyelidikan teknis dan hukum.

“Saya tertarik bahwa hubungan kedua negara (Iran- Kanada) akan berlanjut dimasa depan untuk membantu [meningkatkan] kesejahteraan warga Iran yang tinggal di Kanada dan untuk melayani kedua negara dalam berbagai masalah yang saling menguntungkan, termasuk promosi perdamaian dan keamanan regional,” tegas Rouhani.

Diketahui, sebanyak 176 penumpang di Ukraina International Airlines (UIA) Boeing 737-800 tewas dalam kecelakaan ini, setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini dalam penerbangan ke Kiev.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *