Puskesmas Pasir Jaya Layani Vaksin Meningitis bagi Calon Jemaah Haji 

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Puskesmas Pasir Jaya Kecamatan Cikupa memberikan pelayanan vaksinasi Meningitis Meningokokus bagi calon jemaah haji reguler di Kantor Sekretariat Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Desa Talaga. 

Kepala Puskesmas Pasir Jaya, dr Ratna Asih Sri Rahayu menuturkan, kegiatan ini merupakan amanat dari Kementerian Kesehatan, melindungi dan memberikan pencegahan penyakit menular bagi calon jamaah haji yang ingin menunaikan rukun islam. 

Muat Lebih

“Sebanyak 116 vaksin kita siapkan untuk diberikan kepada 128 calon jamaah haji reguler yang akan di berangkatkan pada tahun 2024,” ungkapnya.

lanjut dr Ratna, pihaknya akan menginput para calon jamaah haji yang sudah di vaksinasi kedalam sistem Komputerusasi Haji Terpadu Bidang Kesehatan (SISKOHATKES). 

“Terdapat 12 calon yang masih menunggu ketersediaan vaksin, sedangkan bagi calon haji yang sudah divaksin mendapatkan sertifikat intersasional ICV, yang diterbitkan oleh Kantor Kesehatan pelabuhan,” katanya.   

Sementara itu, Koordinator Program Kesehatan Haji, Dede Kamiludin menegaskan vaksin Meningitis Meningokokus dapat melindungi penularan penyakit Meningitis selama 2 tahun.

“Selain vaksinasi kita berikan edukasi kepada calon jamaah haji untuk selalu menjalankan hidup sehat, istirahat cukup, minum air mineral 8 gelas dalam sehari serta rutin berolahraga ringan,” tegasnya. 

Berharap para calon jamaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2024 ini bisa menjalankan ibadah dengan tenang, lancar, sehat dan terlindungi dari penyakit hingga kembali ke Tanah Air. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *