Ratusan Rumah di Cirebon Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai Cikalong

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM Hujan lebat yang melanda daerah Cirebon mengakibatkan sungai Cikalong meluap, ratusan rumah di Kota Cirebon, Jawa Barat, pun terendam banjir. Petugas gabungan langsung berupaya mengevakuasi warga yang rumahnya terendam banjir setinggi satu meter lebih.

Banjir yang menggenangi pemukiman warga di Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon, Jawa Barat, pada Senin malam (13/1/2020), sempat membuat panik warga karena datang secara tiba-tiba meski hingga kini tidak ada laporan korban jiwa.

Muat Lebih

Salah seorang warga di BTN Ciremai Giri Blok Kalijaga RT 07 RW 02, Ani Nunung Aryani mengatakan, air mulai masuk ke pemukiman warga sekitar pukul 19.45 WIB. Laju aliran sungai yang deras membuat air dengan cepat meninggi ke rumah-rumah penduduk.

Menurutnya, kawasan kelurahan Kalijaga ini merupakan daerah langganan banjir setiap musim hujan tiba. Akan tetapi, banjir kali ini merupakan banjir terparah selama dua tahun terakhir. Ani mengaku, apabila Sungai Pengempaan meluap, banjir tidak sampai ke pemukiman warga.

“Hampir tiap tahun memang banjir. Cuma dua tahun ini banjirnya nggak sampai masuk rumah. Nah, ini termasuk paling parah,” katanya.

Petugas gabungan dari BPBD Kota Cirebon, Basarnas, dan Tagana, berjibaku menembus banjir menggunakan perahu karet. Petugas masuk ke permukiman penduduk untuk mengevakuasi warga yang rumahnya terendam.

Wali Kota Cirebon Nasrudin Ajiz mengatakan, banjir menerjang permukiman akibat meluapnya Sungai Cikalong dan air dari Kabupaten Kuningan yang diguyur hujan sejak Senin (13/1/2020) sore. Kondisi tersebut diperparah dengan curah hujan yang cukup deras di wilayah Kota Cirebon pada Senin malam.

“Pemkot (Cirebon) setempat berupaya membantu warga dan mendirikan posko di lokasi banjir,” katanya.

Selain banjir, warga juga sempat dikejutkan adanya ular kobra yang turut terbawa banjir. Ular tersebut langsung diamankan petugas BPBD Kota Cirebon. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *