Resmi Dibentuk, Panja Jiwasraya Fokus Pada Pengembalian Uang Nasabah

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Kinerja Industri Jasa Keuangan resmi dibentuk Komisi XI DPR, dengan prioritas utama pengembalian dana nasabah PT. Asuransi Jiwasraya.

Permasalahan keuangan yang melanda perusahaan pelat merah tersebut, menelan kerugian negara yang ditaksir mencapai Rp 13,7 triliun, dengan jumlah gagal bayar klaim polis nasabah yang harus dibayarkan sebesar Rp 12,4 triliun, per Desember 2019 lalu.

Muat Lebih

Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hatari mengatakan bahwa klaim polis nasabah harus dikembalikan dengan berbagai cara apapun.

Berbagai upaya koordinasi melalui Rapat Kerja secara terbuka dengan Menteri Keuangan, jajaran Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan pihak terkait lainnya akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

“Komisi XI akan terus mencari masukan terhadap beliau-beliau (mitra kerja terkait) ini. Apakah ini mismanagement, kesalahan tata kelola, atau ini rencana perampokan?. Dengan demikian kami ada gambaran untuk mengambil langkah konkret, untuk pengembalian uang nasabah,” kata Hatari di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Politisi Fraksi NasDem ini menyatakan, pembentukan Panja diharapkan dapat memetakan masalah dan mencari solusi terbaik bagi penyelesaian masalah yang berpotensi besar merugikan negara ini.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, Panja juga diharapkan bisa memastikan tidak ada lagi nasabah yang dirugikan, memastikan tata kelola industri asuransi berjalan dengan baik, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap industri jasa keuangan dapat terjaga.

Hingga saat ini, Menteri BUMN telah memastikan akan mengembalikan dana nasabah secara bertahap. Sama halnya dengan Kejaksaan Agung, yang dalam raker Komisi III DPR RI beberapa waktu lalu menyampaikan akan pengupayakan pengembalian dengan terlebih dahulu melakukan pendataan.

“Jika sesuai rencana, pembayaran klaim polis nasabah akan mulai dilakukan mulai Februari hingga Maret mendatang,” tukasnya.[asa]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *