Rihana dan Greta Thunberg Bikin Pemerintah India Murka Gegara Cicitan Dukung Protes Petani

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Superstar pop Rihanna dan aktivis lingkungan Greta Thunberg benar-benar membuat marah pemerintah India setelah mereka men-tweet dukungan terkait protes besar-besaran oleh petani setempat terhadap undang-undang pertanian baru negara tersebut.

Diketahui, puluhan ribu petani telah berkemah di pinggiran ibu kota India, New Delhi sejak November tahun lalu. Mereka menyerukan pencabutan Undang-undang pertanian yang mereka khawatirkan akan memungkinkan perusahaan besar menghancurkan mereka.

Muat Lebih

Rihanna, yang memiliki lebih dari 100 juta pengikut di Twitter, dalam cicitannya menulis, “Mengapa kita tidak membicarakan ini? #ProtesPetani, sambil menandai tautan berita tentang tindakan keras pemerintah yang mencakup pemadaman internet.

Komentar Rihanna itu rupanya di-retweet lebih dari 230.000 kali dan disukai oleh lebih dari setengah juta pengguna. Komentar Rihanna juga diikuti oleh beberapa selebriti internasional, termasuk legislator dari Amerika Serikat dan Inggris, yang mengungkapkan solidaritas mereka dengan para petani yang memprotes.

Aktivis lingkungan asal Swedia Greta Thunberg, juga men-tweet sebuah cerita tentang pemadaman internet, dengan mengatakan: “Kami berdiri dalam solidaritas dengan hastag #FarmersProtest atau #PetaniProtes di India”.

Ada juga dukungan dari keponakan Wakil Presiden AS Kamala Harris, yang ibunya lahir di India. “Kita SEMUA harus marah dengan penutupan internet India dan kekerasan para militer terhadap pengunjuk rasa petani,” tweet Meena Harris.

Atas respon para pesohor itu, Pemerintah India pun marah. Pemerintah India menyebut protes para petani itu adalah “masalah internal”. Kementerian luar negeri India mengatakan pada Rabu (3/2/2021) bahwa para selebriti membutuhkan “pemahaman yang tepat tentang masalah tersebut”.

“Godaan dari hashtag dan komentar media sosial yang sensasional, terutama ketika digunakan oleh selebriti dan lainnya, tidaklah akurat dan tidak bertanggung jawab,” katanya dalam sebuah pernyataan, dengan tagar #IndiaBersama dan #IndiaMelawanProganda.

Anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) yang memerintah di India dan para pendukungnya secara teratur mencap pengkritik mereka sebagai pengkhianat, propagandis, dan “anti-nasional”.

Reaksi Aktris Kangana Ranaut

Beberapa orang India men-tweet untuk mendukung Rihanna, tetapi yang lain tidak senang. Sementara aktris Bollywood Kangana Ranaut yang diketahui pendukung Perdana Menteri Narendra Modi yang cukup vokal, menanggapi dengan menyebut para petani yang memprotes sebagai “teroris” dan Rihanna “bodoh”.

Sejauh ini, Twitter telah memblokir sementara puluhan akun yang men-tweet tentang protes pada Senin lalu atas permintaan pemerintah India. Sementara polisi telah menahan puluhan petani dan mengajukan tuntutan penghasutan terhadap jurnalis terkemuka. [ind]

Artikel selengkapnya: https://www.aljazeera.com/news/2021/2/3/rihanna-greta-thunberg-anger-india-by-supporting-farmer-protests

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *