Sempat Diserang 3 Menteri, Anak Buas Anies Mulai Distribusikan Bansos Tahap II

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Program bantuan sosial (bansos) tahap II untuk warga DKI Jakarta disebut bakal disalurkan hari ini, Kamis (14/5/2020). Di hari pertama pembagiannya, ada 60 ribu paket yang dibagikan.

Kepala Divisi Perkulakan Retail Distribusi PD Pasar Jaya, Edison Sembiring mengatakan distribusi Bansos itu dilakukan secara bertahap. Nantinya Kepala Keluarga (KK) penerima akan dikirim paket oleh pihak Dinas Sosial dan aparat setempat.

Muat Lebih

“Sekitar 60 ribu paket di hari pertama,” ujar Edison saat dikonfirmasi,” Kamis (14/5/2020).

Ia menyebut distribusi Bansos sudah dilakukan sejak pukul 10.00 WIB pagi. KK penerima diharap menunggu di rumahnya diberikan secara bergantian demi menghindari penularan virus corona Covid-19.

“Sudah mulai dari sekitar jam 10 pagi tadi,” katanya.

Sebelumnya dalam evaluasi bansos DKI tahap I, pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta sempat ‘saling serang’. Menteri Sosial RI Juliari P Batubara menuding realisasi bansos dari Pemprov DKI Jakarta tak sesuai dengan kesepakatan awal.

Ari menemukan ternyata ada kemiripan data penerima manfaat kedua bansos tersebut, sehingga tak sesuai kesepakatan awal bahwa pemerintah pusat hanya akan mengurus bansos kepada warga yang tidak menerima bansos dari Pemprov DKI.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy pun sempat menegur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait konsekuensi data yang serupa pada bansos tahap I.

Menurut Muhadjir, hal ini menimbulkan adanya persepsi buruk dari masyarakat miskin dan rawan miskin yang belum mendapatkan bansos ketika melihat ada tetangganya justru mendapatkan manfaat dua kali.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menimpali adanya kabar bahwa Pemprov DKI Jakarta tak kuat lagi menanggung anggaran 1,1 juta dari total 3,7 juta keluarga penerima manfaat bantuan sosial sehingga dana tersebut akan ditanggung pemerintah pusat. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *