Sultan Oman Wafat, Jokowi hingga Perdana Menteri Inggris Sampaikan Belasungkawa

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan dukacita atas wafatnya Sultan Oman, Qaboos bin Said, yang meninggal dunia pada usia 79 tahun, di Muscat, Oman, Jumat (10/1/2020) waktu setempat.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Atas nama masyarakat Indonesia, saya menyampaikan duka cita yang dalam kepada rakyat Oman, atas wafatnya Sultan Qaboos bin Said,” tulis Presiden Jokowi melalui akun twitternya @jokowi beberapa saat lalu.

Muat Lebih

Menurut Jokowi, semasa hidupnya, Sultan Qaboos adalah pemimpin yang visioner, yang membawa Oman menjadi negara modern dan damai. Sultan Qaboos menjadi orang nomor satu di Oman sejak 1970. Ia tidak punya anak dan tidak menunjuk secara terbuka calon penerusnya setelah dia meninggal.

Namun Dewan Keluarga atas desakan Dewan Militer telah menunjuk sepupu almarhum, Haitham bin Tariq, Menteri Warisan dan Budaya Oman sebagai penggantinya.

Ucapan dukacita juga disampaikan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Dia mengaku sangat sedih atas wafatnya Sultan Qaboos. Boris menggambarkan sosok sultan sebagai pemimpin yang sangat bijak dan dihormati yang akan sangat dirindukan.

“Dia akan dikenang karena pengabdiannya pada pengembangan Oman menjadi negara yang stabil dan makmur, dan sebagai bapak bangsa yang berusaha meningkatkan kehidupan rakyat Oman. Saya merasa senang bertemu dengan Yang Mulia Sultan Qaboos. Dia meninggalkan warisan yang mendalam, tidak hanya di Oman tetapi juga di seluruh wilayah,” kata Boris Johnson.{asa}

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *