Sunda Empire Sempat Muncul di Wikipedia PBB dan NATO

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Nama Sunda Empire pernah muncul dalam dua artikel di Perserikatan bangsa-bangsa dan Pakta Pertahanan Atlantik utara (NATO) di Wikipedia. Ternyata usut punya usut dua artikel tersebut sempat diobrak-abrik informasinya untuk melegalkan keberadaan Sunda Empire.

Artikel Wikipedia yang berbahasa Indonesia itu, terselip informasi bahwa ada peran Sunda Empire di PBB dan NATO. Contohnya, yang artikel di PBB, dituliskan kalau sidang umum pertama digelar di jalan Setiabudhi, Bandung, pada 1946 silam.

Muat Lebih

Tak ayal, eksisnya Sunda Empire di dua lembaga dunia itu bikin heboh dan tersebar di media sosial.

Pakar Telematika Roy Suryo yang mengetahui kesalahan informasi di Wikipedia tersebut langsung mempostingnya di akun Twitter miliknya. Dengan tegas, ia mengatakan bahwa artikel di Wikipedia tersebut direkayasa dan merupakan kebohongan publik.

Lewat akun Twitter juga, Wikipedia mengatakan bahwa pihaknya telah memperbaiki kesalahan informasi yang disajikan di platform mereka, khususnya di artkel PBB dan NATO.

Sayangnya, Wikipedia tidak menyertakan informasi bagian artikel mana yang salah dan telah diperbaiki oleh mereka. Wikipedia hanya mengatakan mereka akan memberikan perlindungan agar kejadian serupa tidak terulang kembali.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *