Survei Indikator Sebut PSI Ternyata Hanya Dipilih Oleh 0,8 Persen Anak Muda

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan Partai Gerindra menjadi partai politik teratas pilihan anak muda di angka 16 persen. Sementara Partai Solidaritas Indonesia yang kerap ‘jualan’ partainya anak muda justru berada di posisi bawah yaitu di angka 0,8 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, Gerindra memperoleh 16 persen atau 1,8 persen lebih banyak dibandingkan dukungan terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Muat Lebih

Hasil survei ini diperoleh Indikator Politik Indonesia menggunakan metode random sampling dengan sampel sebanyak 1.200 responden rentang usia 17 hingga 21 tahun yang dipilih secara acak. Margin of error survei ini kurang lebih sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Gerindra 16 persen, PDIP 14,2 persen,” demikian data yang dirilis Burhanuddin dalam rilis survei Indikator Politik Indonesia yang berlangsung daring, Minggu (21/3).

Di bawah Gerindra dan PDIP, menyusul Golkar dengan perolehan 5,7 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5,7 persen, Demokrat 5,3 persen, NasDem 2,8 persen, Partai kebangkitan Bangsa (PKB) 2,7 persen, dan Partai Amanat Nasional 1,2 persen.

Selain parpol-parpol di atas, memperoleh persentase di bawah 1 persen. Mereka adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 0,9 persen, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 0,8 persen, Beringin Karya (Berkarya) 0,7 persen, Perindo 0,6 persen, Hanura 0,3 persen, Partai Bulan Bintang (PBB) 0,2 persen, Garuda 0,1 persen, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) 0,1 persen, serta Gelora 0 persen.

Namun begitu, Burhanuddin menerangkan bahwa saat ini lebih banyak anak muda yang belum memilih partai politik jika pemilu diadakan sekarang.

“Di antara partai-partai yang ada, pilihan lebih banyak pada Gerindra dan PDIP, kemudian Golkar, PKS, dan Demokrat. Partai lain lebih sedikit dipilih oleh anak muda,” tuturnya. [dbm]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *