Syaikhu Dicoret, PKS Usung Wagub DKI Non Kader?

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Memasuki 2020, PKS dan Partai Gerindra ternyata masih belum sepakat soal posisi Wagub DKI Jakarta. Presiden PKS Sohibul Iman memutuskan mencoret nama Syaikhu dari bursa cawagub.

“Kalau dari internal PKS jelas, Pak Syaikhu. Dia udah dilantik di DPR, dia yang kita cabut. Ya sisanya ada Pak Agung kan. Ya nanti kita lihat apakah tetap Pak Agung atau kita ambil yang lain, yang jelas tetap ada kader PKS,” ujar Sohibul di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Muat Lebih

Sohibul mengatakan saat ini proses pencalonan cawagub DKI masih berlangsung alot. Menurutnya, hak PKS mengajukan nama untuk menjadi cawagub itu dipolitisasi.

“Jadi nggak semudah kalimat ini hak PKS, hak PKS harus tetap diproses politikkan. Kalau kalimat ini hak PKS itu diberikan oleh semua partai di DPRD, mungkin sudah selesai,” katanya.

“Tapi mereka tidak, boleh jadi mereka juga tidak menginginkan kader PKS jadi wagub dan sebagainya, makanya proses politiknya alot,” sambungnya.

Sohibul menjelaskan alasan PKS mencoret nama Syaikhu dari bursa pencalonan. Menurutnya, dua nama yang sebelumnya diajukan mendapat penolakan yang akhirnya hingga sekarang prosesnya tak berjalan.

“Jadi gini, karena kita melihat realitas politik, dengan dua calon yang diajukan ini tidak bergerak, ada keengganan. Maka PKS membaca realitas ini. PKS akan mencoba, mencabut satu calon. Jadi satu dari PKS yang satu dari tempat lain,” katanya.

Sohibul menyebut satu nama lain bisa diajukan dari luar kader PKS. Menurutnya, satu nama tersebut bisa dipilih dari Partai Gerindra atau partai lain.

“Nah tempat lain ini bisa ambil dari macam-macam. Bisa ambil satu dari empat yang diajukan Gerindra atau tempat lain. PKS masih punya hak untuk itu. Kita tolak empat-empatnya, kita cari yang lain, yang penting DPRD mau memproses,” ungkapnya.

Presiden PKS Sohibul Iman meminta semua pihak bersabar dan mengatakan pihaknya ingin punya wagub yang bisa membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuntaskan permasalahan banjir.

“Tunggu saja, tunggu saja, yang penting kami ingin punya wagub yang bisa membantu Pak Anies menyelesaikan banjir,” kata Sohibul.[ab]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *