Tak Terima Dicatut di Situs Porno, Kemkominfo Lapor Polisi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Warganet dihebohkan dengan adanya lembaga pemerintah Indonesia yang terdaftar di laman situs ponro, pornhub. Situs untuk mengakses film-film dewasa tersebut mencantumkan akun Kemkominfo dengan tanda verifikasi biru alias terverifikasi.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ferdinandus Setu menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah membuat konten apapun untuk didistribusikan di website yang melanggar hukum.

Muat Lebih

“Kementerian Komunikasi dan Informatika RI tidak pernah membuat akun atau konten apapun pada situs pornhub[dot]com,” tulis Ferdinandus dalam siaran persnya, Kamis (26/12).

Ia menyatakan bahwa situs berkonten dewasa itu pun sudah diblokir oleh Kominfo karena dinyatakan telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-undang terkait transaksi elektronik.

“Situs pornhub[dot]com elah diblokir oleh Kominfo RI tahun 2017 karena konten pada situs tersebut memuat informasi elektronik mengandung muatan yang melanggar kesusilaan. Vide Pasal 27 ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE,” ujarnya.

Ferdinandus mengatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum untuk menuntaskan kasus tersebut.

“Kementerian Kominfo RI telah berkoordinasi dengan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri untuk proses penegakan hukum atas tindak pidana pemalsuan informasi elektronik dengan mengatasnamakan Kementerian Kominfo RI tersebut,” terangnya.

Tidak hanya itu saja, Ferdinandus juga mengatakan bahwa Kominfo sudah melayangkan surat keberatan terhadap pengelola situs pornhub[dot]com terkait dengan kasus itu.

“Kementerian Kominfo RI juga telah mengirimkan surat elektronik (email) kepada pengelola situs pornhub[dot]com untuk menyampaikan keberatan penggunaan nama kementerian dan logo Kemkominfo pada situs tersebut,” pungkasnya.

Temuan akun dengan nama KEMKOMINFO pertama kali diunggah oleh akun Twitter @sleepyheadbonzo.

“Man is this ur biggest flex in 2019? Verified pornhub account?” cuitnya.

Dalam tangkapan layar akun yang diduga milik Kemkominfo itu terdapat deskripsi profil yang tertulis “Official Pornhub Account of Ministry of Communication and Information of the Republic Indonesia”.[rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *