Takut Gak Bisa Bayar, Masyarakat Geruduk Kantor BPJS

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Ribuan warga ramai-ramai mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Bekasi, Jumat (27/12/2019). Hal ini imbas dari keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) 75 Tahun 2019 terkait kenaikan iuarn peserta BPJS.

Berdasarkan pantauan, warga bergantian meminta formulir untuk mengajukan permohohan pindah kelas. Mereka rela antre berjam-jam, bahkan tersorot terik matahari karena antrean hingga ke luar gedung.

Muat Lebih

Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Bekasi, Doni Alamanda mengatakan sejak pertengahan November per hari ada sekira 650 pengunjung yang datang ke kantor.

Akan tetapi, untuk peserta yang melakukan permohonan pindah kelas hanya sekira 10 persen dari total 650 per hari.

“Antrean itu bukan didominasi yang mau turun kelas ya, ada yang daftar baru, ubah data dan lainnya.”

“Hanya 10 persen saja atau ya sekitar 65-70 tiap harinya yang ajukan permohonan pindah kelas,” kata Doni di kantornya, Jumat (27/12/2019).

Doni menerangkan, sebenarnya para peserta yang hendak pindah kelas tidak perlu datang ke kantor. Hanya cukup melalui aplikasi JKN Mobile.

“Bisa via aplikasi, ubah data, ubah faskes termasuk ubah kelas. Jadi tidak perlu datang kesini, tapi ya itu warga penasaran kalau tidak ketemu petugas,” jelas dia.

Salah satu warga Bekasi bernama Taufik Hidayat (37) mengatakan kendatangannya ke kantor BPJS hendak mengurus penurunan kelas BPJS yang dimilikinya.

“Saya mau turun kelas, dua peserta saya dan istri saya,” ucap dia.

Taufik mengatakan, saat ini, dirinya bersama istri merupakan peserta BPJS Kesehatan kelas dua, ia ingin turun menjadi kelas tiga karena khawatir tak sanggup membayar iurannya.

“Turun kelas karena takut tidak mampu bayarnya nanti, sekarang, kan saya sama istri iuran sebulan ya Rp 102.000, kalau naik 100 persen bisa Rp 220.00. Kan dari Rp 51.000 naik jadi Rp 110.000,” ungkap dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *