Tangerang Raya Diusulkan Masuk Zona PSBB Bareng DKI Jakarta

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM –  Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) mendorong kepala daerah kawasan Tangerang Raya menyampaikan usulan kepada Kementerian Kesehatan dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) agar merupakan satu-kesatuan dengan DKI Jakarta.

Menurut Gubernur Banten, hal itu karena mobilitas masyarakat wilayah Tangerang Raya yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan dengan DKI Jakarta.

Muat Lebih

“Hasil rapat sepakat untuk melakukan integritas dalam PSBB. Untuk itu saya minta kepada bupati, walikota, dan gubernur dengan segera menyampaikan kepada Menteri Kesehatan,” ungkap WH usai teleconference Rapat Terbatas (Ratas) dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin, Selasa (7/4/2020).

Ratas tersebut diikuti Gubernur Banten, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kepala BNPB Doni Monardo. Dalam Ratas itu, WH berharap agar PSBB yang ditetapkan untuk DKI Jakarta harus juga menjadi satu kesatuan dengan Tangerang Raya yang masuk wilayah Jabodetabek.

“Karena mobilitas atau pergerakan keseharian masyarakat Tangerang Raya itu memang tidak bisa dipisahkan lagi dengan DKI Jakarta,” jelasnya.

Konsentrasi Pemprov Banten saat ini adalah pemberlakuan PSBB untuk wilayah Tangerang Raya. Karena trend dan kecenderungan penyebaran terus meningkat. Pemkab/Pemkot setempat juga harus mempersiapkan untuk memberikan dukungan sosial safety net yang di dalamnya memberikan subsidi untuk pengaman sosial ini.

“Tentunya kami melihat perkembangan di luar Tangerang Raya. Kami masih melihat belum adanya kecenderungan peningkatan secara tajam di beberapa kabupaten/ kota. Namun ini tetap akan kami kaji,” tandasnya.

Selain itu, lanjut WH, dirinya juga mengusulkan agar kekurangan alat kesehatan hendaknya juga didukung pemerintah pusat.

“Kami juga mengusulkan agar dalam kaitan dengan penganggaran perlu dipertimbangkan kembali dukungan Pemerintah Pusat, termasuk untuk wilayah Jabodetabek,” tambahnya.

WH menekankan ini yang menjadi penting. Karena pihaknya sepakat Jakarta dan Tangerang Raya masuk epicentrum, termasuk zona merah yang berkaitan dengan penyebaran virus Covid-19. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *