Terbukti Bagi-bagi Uang saat Kampanye! Caleg DPR RI Partai Demokrat Sulsel Divonis Lima Bulan Penjara

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Makassar, menjatuhkan vonis lima bulan kepada calon Legislatif (Caleg) DPR RI asal Partai Demokrat Sulawesi Selatan Syarifuddin Daeng Punna (Sadap).  

Syarifuddin Daeng Punna merupakan terdakwa kasus pelanggaran aturan Pemilu terkait politik uang yang videonya viral sedang membagi-bagikan uang kepada warga saat masa kampanye di Anjungan Pantai Losari Makassar.

Muat Lebih

“Menyatakan terdakwa Syarifuddin Daeng Punna telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah dalam tindak pidana setiap peserta dengan sengaja memberikan uang kepada peserta kampanye pemilu secara langsung,” kata Ketua Majelis Hakim Angleky Handajani dalam amar putusannya di Pengadilan Negeri Makassar, seperti dikutip dari Antara, Kamis (4/4/2024). 

Selanjutnya, menjatuhkan pidana kepada terdakwa, oleh karena itu dengan pidana penjara selama lima bulan dan pidana denda sebanyak Rp5 juta, dengan ketentuan apabila biaya denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana selama dua bulan kurungan.

Kendati Sadap telah divonis bersalah, Majelis Hakim Angleky juga menetapkan agar pidana tersebut tidak perlu dijalani, namun apabila di kemudian hari terdapat pidana lain dari terdakwa, dalam putusan ini hanya dikenakan hukum pidana percobaan 10 bulan terhadap terdakwa dan tidak ditahan.

“Jadi, kami menilai bahwa bapak ini mampu untuk memperbaiki diri sendiri, memahami kesalahannya dan mampu memperbaiki diri sendiri,” papar majelis Angleky kepada terdakwa..

“Tetapi, apabila dalam 10 bulan setelah putusan ini dibacakan bapak melalukan pidana lagi, maka bapak harus masuk (penjara) di tambah dengan pidana yang lama. Jadi, ini kan lima bulan, ditambah tindak pidana, risikonya seperti itu,” kata Majelis menekankan.

Menanggapi putusan majelis hakim, Syarifuddin Daeng Punna menyatakan akan mengkonsultasikan kepada penasihat hukumnya dan masih akan pikir-pikir atas putusan tersebut menerima atau banding.

“Saya pikir-pikir dulu yang mulia,” ucap pria yang akrab disapa Sadap ini secara singkat. [Red]

Pos terkait


Deprecated: file_exists(): Passing null to parameter #1 ($filename) of type string is deprecated in /home/indr1778/public_html/bengkulu/wp-includes/comment-template.php on line 1616

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *