Tim Pelacakan Aset Kejagung Obok-obok Lima Lokasi Tanah Milik Benny Tjokro

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Tim penyidik kejaksaan agung kembali melakukan pelacakan aset milik terhadap tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi PT. Asuransi Jiwasraya. Hari ini, Selasa (4/2) terdapat lima lokasi yang dilacak milik tersangka Benny Tjokrosaputro.

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung RI, Hari Setiyono membeberkan, lokasi pelacakan tersebut terdapat di beberapa wilayah yang pada pekan lalu sudah di blokir oleh pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) yakni Lebak dan Bogor.

Muat Lebih

“Setelah diblokir, dicek dulu karena ketika diblokir yang terkait dengan tersangka ada hubungannya apa tidak harus kita cek dengan benar makanya kita minta waktu,” kata Hari di Gedung Bundar Jampidsus, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020).

Adapun lokasi tersebut yakni di Desa Nameng Kabupaten Lebak atas nama PT. Kencana Raya Nusa (berubah nama menjadi PT. Tri Mega Adhiyarta);Kampung Ciawi RT 01 RW 06 Desa Cijoro Pasir Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak.

Sementara itu, untuk dilokasi Bogor yakni, Desa Pasarian Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor, terdapat dua lokasi perumahan, yaitu Milenium city luas 20 hektar dan Forest Hill luas 60 hekta; Desa Mekarsari Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor atas nama PT. Chandra Tribina; Desa Pingku Kecamatan Parung Panjang Kabupaten Bogor seluas 10 hektar.

Hari mengatakan pelacakan aset tersebut untuk mempermudah penyidik untuk mengecek kebenaran surat tanah dan lokasinya.

Hari juga menyebut, saat ini tim penyidik masih fokus melakukan penyelamatan uang negara yang mencapai 13,7 triliun tersebut. Perlu proses panjang sehingga BPK dapat menghitung aset.

“Mencari fakta hukum serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tindak pidana yang terjadi serta mengungkap peristiwa yang sebenarnya,” tuturnya.

Sebelumnya, pada Senin (3/2) terdapat tiga lokasi yang diduga milik Benny Tjokro telah dilacak oleh Tim kejagung. Pertama di Kelurahan Pedaleman, Kabupaten Serang; Perumahan Citra Raya Maja, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak; dan yang terakhir di Kelurahan Bojongcae, Kelurahan Cibadak, Kabupaten Lebak.

Benny Tjokro merupakan satu dari lima orang yang sudah ditetapkan tersangka. Penyidik Kejagung   BPN untuk melakukan memblokir aset tanah milik Benny Tjokro yang diduga terkait kasus dugaan korupsi Jiwasraya. Total perhitungan aset sementara, terdapat sebanyak 156 bidang tanah milik Benny Tjokro. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *