Tips Agar Tak Tumbang Saat Liburan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Musim liburan telah tiba, setiap orang menghabiskan waktu liburan dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang pergi ke luar kota, ada pula yang memilih menghabiskan waktu di rumah. Sayangnya, liburan ini kerap kali membuat sebagian besar orang lupa dengan gaya hidup sehat yang dijalani. Hal ini tersebut tentu mengganggu kesehatan tubuh.

Agar tubuh Anda bebas dari masalah kesehatan selama liburan, ikuti beberapa tipsnya berikut ini dikutip dari Times Indonesia.

Muat Lebih

1. Minum cukup air

Menghabiskan liburan di luar rumah, sering kali membuat Anda kurang minum. Padahal tubuh membutuhkan air agar sel, jaringan, dan organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Jika Anda kurang minum, dehidrasi dapat terjadi. Tubuh Anda akan terasa lemas dan berbagai gejala lainnya, seperti bibir kering maupun sakit kepala dapat mengganggu aktivitas.

Untuk itu, minum cukup air selama liburan menjadi salah tips sehat yang perlu Anda ikuti.

2. Tetap aktif bergerak

Jika Anda memanfaatkan waktu liburan di rumah, jangan sampai jadi malas berolahraga. Malas olahraga bisa membuat berat badan naik karena energi yang dibakar hanya sedikit.

Padahal mungkin di rumah Anda hanya tidur dan makan saja tanpa melakukan apa pun lagi.

Sekalipun liburan, olahraga tetap harus Anda lakukan. Bahkan, bisa jadi waktu yang menyenangkan untuk mengisi liburan.

3. Menjaga pola makan tetap sehat

Berat badan yang naik selama liburan tidak hanya disebabkan oleh kurangnya aktivitas fisik, tapi juga pola makan yang buruk.

Jangan anggap sepele, naiknya berat badan bisa mengubah penampilan dan meningkatkan risiko munculnya beberapa penyakit di kemudian hari.

4. Tidur cukup

Menjaga kualitas tidur adalah satu tips penting agar tubuh tetap sehat selama liburan. Pasalnya, liburan sering kali membuat seseorang tidur lebih larut untuk menonton tv, bermain ponsel, atau membaca komik.

Bila Anda tidur larut malam, kemungkinan besar membuat Anda bangun lebih siang atau mengantuk. Pada beberapa kasus, kebiasaan ini dapat menyebabkan Anda sakit kepala karena kurang tidur.

5. Tahu caranya hadapi stres

Liburan panjang terutama jika Anda memang bepergian keluar kota, bisa menimbulkan rasa cemas dan stres. Masalah kesehatan tubuh tersebut tentu bisa membuat liburan jadi tidak tenang. Oleh karena itu, salah satu tips sehat selama liburan yang perlu Anda terapkan. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *