TPU Semper Jakarta Utara Terendam Banjir, Pengurus Makam: Setahun Sekali Lah Begini

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semper, Jakarta Utara terendam banjir, Kamis (4/2/2021). Banjir terjadi, akibat kurangnya saluran pembuangan air yang menyebabkan ratusan makam terendam. Tak jarang ketinggian genangan air hingga di atas lutut orang dewasa.

Menurut Gatot, salah seorang perawat makam mengatakan bahwa kondisi makam memang sudah seminggu terakhir terendam di karenakan curah hujan yang tinggi.

Muat Lebih

“Ya kira-kira ini sudah seminggu terakhir banjir di makam ini. Karena curah hujan,” ujar Gatot saat ditemui di lokasi, Kamis (4/2/2021).

Ia menyebut, memang kondisi makam di TPU semper kerap kali terendam hampir setiap tahun saat musim hujan. “Iya jadi setahun sekali lah begini. Pasti begini. Tapi ntar kalau ga musim hujan ga banjir,” ucapnya.

Sebagian makam TPU Semper kebanjiran tiap tahunnya sejak tahun 2000-an akibat intensitas curah hujan yang tinggi. Pemakaman itu berada di atas lahan seluas sekitar 72 hektare dengan total 108.709 makam sejak dibuka pada 1984. Di bagian Selatan TPU adalah terminal peti kemas yang memanjang mengikuti luas area TPU.

Penjaga TPU Semper. Foto: tangkapan layar akun Youtube poskota

Pengurus makam lainnya, Mayadi (57) mengatakan, lahan pemakaman yang rendah mengakibatkan genangan selalu terjadi saat hujan mengguyur Ibukota. “Hujan setengah jam aja banjir. Banjir ya karena memang sudah rendah, dalam (tanahnya),” ucap Mayadi, Kamis (4/2/2021).

Ia menuturkan, hingga saat ini belum ada upaya dari pemerintah kota, untuk menyedot air dengan menggunakan Pompa Mobile. “Di sini mah gak pernah disedot, disedot juga dimana buangnya, gak bisa, gak pernah disedot ini gak pernah,” tegasnya.

Mayadi membeberkan, biasanya genangan air yang merendam makam akan surut paling lama dalam 2 hari.

“Kemaren malam tuh hujan kemaren malam. Ini (banjir) baru sehari hitungannya, kan kemaren malam hujan. Nah kemaren siang banjir, nah ini udah mulai surut ini,” pungkasnya. [ind]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *