Transaksi Jual Beli Lewat Online Naik 350 Persen Selama Covid-19

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengungkapkan, transaksi perdagangan melalui platform toko online untuk pangan, alat olah raga dan produk outdoor mengalami peningkatan.

Peningkatan itu diperoleh dari laporan sejumlah market place online seperti tokopedia, dan bukalapak. Teten merinci pembelian bahan pokok meningkat hingga 350 persen selama massa kebijakan di rumah aja dan pembatasan sosial masa pandemi Covid-19.

Muat Lebih

“Ternyata transaksi di market online pada masa pandemi cukup efektif. Memang sektor UMKM mendapat dampak luar biasa. Namun ada peluang-peluang pada sektor-sektor tertentu,” tandasnya saat menggelar konferensi pers virtual di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (28/4/2020).

Selain itu, jumlah pembuatan akun baru khususnya yang menjual produk-produk kesehatan untuk mencegah pandemi Covid-19 seperti masker, hand sanitizer dan vitamin meningkat 250 persen.

“Peningkatan juga terjadi pada penjualan makanan dan minuman, herbal dan instan sebesar 200 persen. Kenaikan juga dialami oleh peralatan olaharga, produk indoor dan outdoor, dan game sebesar 7 persen,” ungkap Teten.

Tetan menjelaskan, UMKM memang menjadi sektor yang paling terdampak. Namun masih ada solusi untuk bertahan dengan berjualan di platform e-commerce atau toko online.

“Saya mengajak kepada seluruh pelaku UMKM mengambil momentum selama masa Covid-19 ini untuk belajar lebih aktif dengan memanfaatkan teknologi internet dalam pemasaran produk,” tandasnya. (rma)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *