Tukang Ojek & Warga Ciamis Selamatkan Bus Peziarah Bogor dari Amukan Api

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Bus rombongan peziarah asal Bogor terbakar di Jalan Raya Panawangan- Cirebon, Desa Cinyasag, Panawangan, Ciamis, Minggu (15/12). Rombongan ziarah ini menumpang bus pariwisata bernopol D 7811 AC dikemudikan Holiqul Makmur (35) warga Pasir Tangkil, Kecamatan Klapanunggal, Bogor.

Beruntungnya, kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Para penumpang itu dibantu tukang ojek dan warga setempat bisa meloloskan diri dari ancaman maut. Menggunakan alat seadanya, mereka berusaha kera memadamkan bagian belakang bus yang terbakar. Diketahui, rombongan ziarah ini menuju Pamijahan Tasikmalaya dan Situ Panjalu di Ciamis. Melanjutkan perjalanan ziarah, mereka menumpang bus pengganti.

Muat Lebih

Salah seorang saksi mata yang juga warga Desa Cinyasang, Cece mengatakan, tidak ada korban pada peristiwa ini. Hanya saja beberapa penumpang mengalami lecet. Dikatakan dia, kebakaran yang menimpa bus ini diteriaki oleh tukang ojek dan warga setempat yang melihat adanya kepulan asap keluar dari badan bus.

Si sopir yang tidak sadar kebakaran, ikut dikejar tukang ojek. Cece sendiri tidak mengetahui penyebab persisnya kebakabaran bagian belakang bus ini. Namun dugaannya, ada korsleting di bagian belakang. “Setelah bus berhenti, para penumpang langsung turun keluar bus,” ujar Cece.

Setelah semua penumpang yang akan ziarah itu berhasil turun keluar, warga langsung berusaha memadamkan api pada bagian mesin belakang bus. Setelah berjibaku menggunakan alat seadanya, api berhasil dipadamkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, hanya bagian bus yang hangus terbakar terutama pada bagian belakang. Semua penumpang informasinya selamat,” pungkasnya.

Kasubag Humas Polres Ciamis Iis Yeni Idaningsih membenarkan adanya kejadian bus terbakar di daerah panawangan. Kejadian itu ditangani oleh Polsek Panawangan. Dugaan sementara, penyebab kebakaran itu karena korsleting pada kabel aki bus. “Bus rombongan ziarah, semua penumpang selamat. Karena saat keluar asap, bus berhenti dan semua penumpang langsung turun,” ujarnya.[asa]

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *