UMKM Terdampak Covid-19, Pengusaha Muda Ini Berbagi Tips Sukses Jalankan Usaha dikala Pandemi

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM  – Pandemi Covid-19 banyak mempengaruhi kelangsungan bisnis dari para pengusaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun demikian, UMKM diyakini masih bisa akan kembali bangkit.

Pada acara Webinar tentang UMKM yang digelar Vidia Sinergy bekerja sama dengan Pegadaian Syariah dan Kemenkop dan UKM, Rabu, (24/3/2021), pengusaha muda, Ari Wibowo, membagikan tips bagi para pelaku UMKM untuk dapat bertahan dan sukses menjalankan usaha di masa pandemi Covid-19.

Muat Lebih

Pertama, kata Ari Wibowo, di masa pandemi ini para pelaku UMKM harus memperbaiki mental alias mindset diri. Pelaku UMKM harus fokus pada kelebihan, bukan pada kekurangan. Dengan demikian akan menghasilkan solusi-solusi baru.

“Pandemi ini mau dijadikan masalah atau peluang? Mari kita ubah mindset pandemi ini jadi peluang sehingga muncul solusi,” kata CEO Brilliant Coach Indonesia itu.

Kedua, kata Ari, pelaku UMKM harus dapat menemukan masalah yang dihadapi orang saat ini apa. Dengan memahami masalah orang lain, seorang pengusaha akan dapat menemukan solusi dan menjadikan sebagai peluang usaha.

Ari memberikan contoh, saat masyarakat menjalani pembatasan dan lingkungan sebagian diportal, hal itu justru membuka peluang usaha-usaha seperti jualan sayur-sayuran, makanan frozen, dan sejenisnya secara online.

Tips yang ketiga, mau tidak mau pelaku UMKM di era saat ini harus ‘go digital’. Berpindah pemasaran dari offline menjadi online.

“Kita harus belajar digital marketing, belajar bagaimana cara memasarkan secara digital,” ujar Ari.

Ari mengingatkan, di era digital ini tidak ada yang namanya perusahaan raksasa atau besar. Sebab, saat ini televisi saja bisa kalah dengan chanel YouTube yang dimiliki perseorangan.

“Kita eranya digital kreatif, siapa yang kreatif maka dia yang akan menguasai,” pungkas Ari. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *