UPDATE Info Arus Balik: One Way di Tol Kalikangkung-Cipali Mulai Berlaku Hari Ini 13 April

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Skema one way yang terbukti ampuh dalam mengurai kemacetan saat arus mudik Lebaran, kembali diterapkan pada arus balik. 

Kebijakan rekayasa lalu lintas berupa one way atau sistem satu arah ini sudah mulai diterapkan dari Km 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga Km 72 Tol Cipali, Sabtu (13/4/2024) siang. 

Muat Lebih

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dan Menhub Budi Karya secara resmi membuka one way tersebut di Gerbang Tol Kalikangkung. Kendaraan dari Tol Kalikangkung mulai berjalan mengarah ke arah Jakarta tanpa hambatan. 

Polisi juga telah melakukan sterilisasi jalur sebelum one way arus balik dimulai. Sterilisasi kendaraan itu dilakukan sejak pukul 13.00 WIB. 

Selain di Tol TransJawa, Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk kendaraan yang akan memasuki wilayah Jakarta. Polda Metro Jaya akan melakukan kebijakan contraflow di Tol Dalam Kota.

“Kita sudah mempersiapkan juga untuk arus balik karena kita telah meminta data saudara kita keluar dari Jabodetabek itu ada 1.035.000 sekian kendaraan yang keluar,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman dalam keterangan kepada wartawan, Sabtu (13/4/2024).

Latif mengatakan pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow jika terjadi penumpukan kendaraan di Tol Dalam Kota. Hal itu guna mengantisipasi kepadatan kendaraan dan mencegah terjadinya kemacetan.

“Kita akan melakukan contraflow, yaitu dari Pintu Tol Halim yang sudah seperti pagi biasa kita laksanakan. Mungkin nanti bisa sampai Slipi ataupun sampai depan Polda Metro Jaya ataupun nanti sampai depan DPR,” jelas Latif. 

Latif juga menyarankan pemudik untuk memanfaatkan Tol Cimanggis-Cibitung sebagai tol fungsional, yang dibuka pada pukul 06.00-17.00 WIB. Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi adanya kemacetan di simpang susun Tol Cikunir.

“Maka dari itu masyarakat yang akan pulang ke Bogor, Depok, Cibubur, bisa melewati itu (Tol Cimanggis-Cibitung), tidak melewati ke Cikunir. Karena ada waktu tempuh jarak tempuh yang signifikan,” ujar Latif.

“Begitu juga yang akan mengarah ke utara, Jakarta Barat, Tangerang, silakan untuk tidak memaksakan harus masuk Tol Dalam Kota tapi lewat Cibitung langsung dengan Semper, yaitu Tanjung Priok, akan lebih mudah,” tandasnya. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *