Utamakan Kenyamanan Pemudik, Pemkot Tangsel Lakukan Aksi Sapu Lobang Jalan Prioritas jelang Lebaran

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Demi kenyamanan warga yang akan mudik, sejumlah ruas jalan prioritas di Kota Tangsel dibenahi. Aksi sapu lobang oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK) digiatkan menjelang perayaan Idulfitri. 

Kepala Dinas SDABMBK, Robby Cahyadi mengatakan, untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat Tangsel, pihaknya telah melakukan kegiatan sapu lobang ruas prioritas di sejumlah jalan kota yang akan dilintasi para pemudik. 

Muat Lebih

Dikatakan Robby, untuk jalan nasional ruas Jakarta–Bogor, Pemkot Tangsel terus berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional Wilayah Banten Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sedangkan jalan Provinsi Banten di wilayah Tangsel pelaksanaannya oleh Unit Pemeliharaan Jalan Jembatan (UPJJ) Tangerang Dinas PUPR Provinsi Banten. 

“Dinas kami telah melakukan sapu lobang di beberapa jalan prioritas yang akan dilalui para pemudik, termasuk jalan arteri menuju akses tol atau jalan provinsi dan nasional, seperti jalan Ciater Raya sepanjang 2.195 meter dan jalan Serua sepanjang 2.245 meter,” ungkapnya. 

Untuk arus mudik melalui jalan Merpati Ciputat menuju jalan Cendrawasih, ke arah pintu tol Bintaro, juga dapat dinikmati oleh para pemudik yang melintas. 

“Selain itu, akses jalan lainnya yang telah diperbaiki untuk kenyamanan para pemudik meliputi jalan Merpati Raya menuju jalan Cendrawasih, jalan Kihajar Dewantoro, WR Supratman, Jl. Rawa buntu, Bintaro sektor 3, Bintaro sektor 3A, Jalan Senayan, Jalan Maleo, Pondok Betung, Ceger, Jalan Pasar Jengkol, dan sejumlah jalan lainnya,” tambahnya. 

Tak hanya itu, Robby menambahkan, sebagai tindakan antisipasi terhadap pencegahan banjir akibat hujan, DSDABMBK menyiapkan posko di Kantor DSDABMBK dan alat berat di UPTD Pemeliharaan alat berat yang dimiliki. 

“Mengingat curah hujan saat ini masih cukup tinggi, kami telah menyiapkan mesin pemompa air yaitu pompa pasang sebanyak 85 unit rumah pompa dalam siaga aktif dan unit pompa portable, juga menempatkan petugas yang akan terus memantau situasi dan kondisi debit air hujan di sejumlah titik rawan banjir, seperti Maharta, Kali Serua Ciputat, Vila Bntaro, Kali Cibenda,” kata Robby. 

“Pembersihan dan pengendalian dengan pekerjaan pengangkatan sedimentasi sungai dan tandon, dengan alat berat, pelaksanaan normalisasi drainase di beberapa ruas jalan kota terus kita intensifkan agar tidak ada genangan di jalan, karena tingkat sedimentasi juga cukup tinggi,” tambahnya. 

Robby juga berpesan bagi warga Tangsel yang berencana mudik untuk tetap waspada dalam perjalanan dan beberapa lokasi rawan banjir selalu meningkatkan kewaspadaan permukaan air sungai saat meninggalkan rumah. 

“Kanal pengaduan dan media sosial kami juga siagakan petugas piket melalui patroli cyber infrastruktur yang siap menerima laporan masyarakat untuk diteruskan ke bidang terkait, pastikan saat menyampaikan pengaduan melengkapi dokumentasi foto/video jelaskan kejadiannya, sertakan alamat lengkap sesuai lokasi kejadian dengan titik kenal yang dapat petugas lapangan mencapai target lokasi dengan cepat,” pungkasnya. [Red]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *