Viral Aparat Desa Amuk Guru yang Posting Jalan Rusak, Warganet Beri Dukungan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Beredar sebuah video yang memperlihatkan sejumlah orang yang diketahui sebagai aparat perangkat desa tengah memarahi guru di Kabupaten Sukabumi, akibat posting jalan rusak di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan ke Facebook.

Guru bernama Eko Purtjahjanto didatangi perangkat desa karena tak terima atas Posting jalan rusak mirip sungai yang sudah kering.

Muat Lebih

“Kenapa kok di Facebook, jangan nantang kamu ha,” teriak seorang pria yang dalam video memarahi si guru yang berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut.

Para aparat desa tersebut meminta klarifikasi namun dilakukan dengan cara mengintimidasi ke sekolah sang guru di SMP Negeri 1 Cicantayan Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Video persekusi yang beredar luas membuat sang guru menjadi ketakutan.

Eko Purcahyanto yang sudah mengajar di SMP Negeri 1 Cicantayan selama 15 tahun ini, langsung mengadukan apa yang dialaminya ke Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, dan langsung mendapatkan atensi.

Dia mengaku tertekan paska kejadian tersebut, dan keluarganya merasa terancam dengan apa yang dilakukan oleh para perangkat desa. Pada Jumat (12/3/2021) siang, Eko dan para aparat desa pun telah melakukan islah dengan saling memaafkan, namun kondisi psikologis sang guru masih dalam kondisi tertekan paska kejadian dugaan persekusi yang terjadi.

“Kalau saya, sudah islah dan sudah beres islahnya. Bagi pribadi saya sendiri merasa sudah beres, karena sudah minta maaf dan ditanda tangani di atas materai. Ya sebenarnya tidak apa-apa, cuma namanya istri kan khawatir ada apa-apa, cuma takut saja,” tuturnya.

Dia menyebutkan, salinan unggahan yang menunjukkan satu penampakan sungai di daerah Cijalingan, Kabupaten Sukabumi, yang dahulu ada ikannya berlimpah, namun akibat banyak proyek pengerukan sungai kini ikan menghilang air pun semakin surut. Selain itu, kondisi jalan sempit, menanjak, berkelok sekarang rusak karena mungkin hujan atau air dilengkapi foto jalan rusak.

Warganet pun merespons video tersebut dan banyak memberi dukungan kepada Eko. Tak sedikit yang mengatakan bahwa tak ada yang salah dengan mengunggah video dan foto fasilitas umum yang rusak. Yang lain mengatakan bahwa guru Eko tak perlu meminta maaf karena hal ini bukan kesalahan justru transparansi demi kemajuan masyarakat.

Ada juga yang menyemangati agar Eko tak perlu takut setelah dimarahi dan ditekan oleh perangkat desa. Sejumlah netizen juga ada yang berkomentar bahwa jalan itu juga sudah banyak dikeluhkan namun tak ada pembenahan sama sekali.

Sementara itu, untuk meredakan situasi akibat persekusi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan, rencananya Senin (15/3/2021) akan melakukan rapat dengar pendapat terkait desa tersebut.

“Pak Eko terancam, Pak Eko ketakutan, istrinya sangat ketakutan. Beliau mendatangi saya dan memohon perlindungan, karena kami ini wakil-wakilnya Pak Eko di DPRD Kabupaten Sukabumi. Kalau ditelaah, sebetulnya bukan ancaman, tapi dari sisi psikologisnya Pak Eko ini masih ketakutan,” tuturnya.

Kondisi jalan rusak di Desa Cijalingan, Kecamatan Cicantayan, memang sudah membuat jengah warga. Terbukti jalan rusak selama belasan tahun ini ditanami pisang oleh warga, akibat kondisi jalan rusak yang tak pernah diperbaiki. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *