Wali Kota Balikpapan Minta Bandara Tetap Ditutup, Meski Kemenhub Izinkan Perjalanan Bisnis

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur meminta Bandara Sepinggan tetap ditutup hingga 31 Mei 2020, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 25 Tahun 2020.

Penutupan bandara berkenaan dengan pencegahan penyebaran virus corona, virus yang menyebabkan Covid-19.

Muat Lebih

“Saya sudah kirim surat kepada dirjen Perhubungan Udara (Kemenhub), minta agar Bandara Sepinggan tetap melaksanakan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020,” kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Dikutip dari Antara, Ahad (3/5/2020).

Dalam Permenhub Nomor 25 Tahun 2020, dijelaskan bandara ditutup sampai 31 Mei 2020 untuk penerbangan komersial terjadwal yang mengangkut penumpang. Sejumlah penerbangan masih dibolehkan dengan syarat-syarat khusus, seperti penerbangan yang mengangkut bantuan alat kesehatan, penerbangan pejabat negara, dan penerbangan kargo atau penerbangan angkutan barang.

Sebelumnya beredar kabar bahwa Kementrian Perhubungan akan mengeluarkan surat izin penerbangan, khusus untuk perjalananan bisnis di beberapa jalur termasuk Bandara SAMS Sepinggan.

Surat izin itu dikabarkan akan mulai diberlakukan mulai tanggal 3 Mei. Namun Walikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, hingga saat ini Dirjen Perhubungan belum mengeluarkan surat edaran apapun.

“Memang masih ada pengecualian, yaitu penerbangan kargo dan yang dengan syarat-syarat khusus tersebut. Tapi penerbangan komersial untuk umum kita minta tetap tutup sampai tanggal 31 Mei,” kata Rizal.

Rizal juga mengutip kajian dari Universitas Hasanuddin di Kota Makassar, puncak wabah terjadi pada Mei ini, di mana sejumlah besar tes swab bisa dilakukan dan hasilnya bisa didapat dengan cepat.

“Jadi kami antisipasi dengan lebih kami perketat lagi pergerakan orang,” tegas Wali Kota.

Bandara Sepinggan di Balikpapan ditutup dari penerbangan komersial sejak Sabtu 25 April hingga 31 Mei 2020. Sejak hari itu ratusan jadwal penerbangan dibatalkan dan ribuan penumpang harus menunda atau menjadwal ulang penerbangannya. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *