Warganet Keluhkan Ratusan Lagu Kpop di Spotify Hilang, Ternyata Ini Penyebabnya

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM – Hari ini, Senin, 1 Maret, hampir seluruh lagu K-pop menghilang dari Spotify yang menyebabkan penggemar protes lewat media sosial.

Usai jadi pembicaraan hangat dan jadi trending topik di media sosial, pihak Spotify akhirnya angkat bicara. Pihaknya membenarkan telah terjadi ketidaksepakatan antara Kakao M dan Spotify.

Muat Lebih

Pihak Spotify menyatakan, kontrak kerja sama Spotify dengan Kakao M sudah kedaluwarsa.

“Katalog Kakao M tidak lagi tersedia untuk pengguna di seluruh dunia mulai 1 Maret 2021 karena berakhirnya lisensi kami,” kata pihak Spotify, dikutip NME, Senin (1/3/2021).

Lalu, kata Spotify, kedua belah pihak sudah bekerja sama selama satu setengah tahun terakhir untuk memperbarui kontrak dan lisensi global.

Sayangnya kontrak itu harus berakhir dengan Kakao M, yang mencakup musik Korea Selatan. Dengan berakhirnya kontrak dan kerja sama ini, maka berakhir juga musik Kpop di layanan Spotify yang tersedia di hampir 170 pasar di seluruh dunia dan 345 juta pendengar di seluruh dunia.

Terlepas dari kontrak kerja yang berakhir dengan Kakao M, pihak Spotify tak melepas begitu saja kerja sama dengan pihak lisensi. Mereka memberi sinyal kuat kemungkinan bisa bekerja sama lagi dengan Kakao M.

“Kami akan terus melakukan yang terbaik sehingga kami dapat terus bekerja dengan pemegang hak Korea, termasuk Kakao M, dan membantu pasar musik Korea dan ekosistem streaming secara keseluruhan tumbuh bersama,” tegas Spotify.

Lebih lanjut pihak Sporify juga membantah rumor terkait peluncuran platform streaming dari Korea Selatan. Spotify memastikan berakhirnya kerja sama itu tidak ada kaitannya dengan MelOn, layanan streaming asal Korea Selatan. [rif]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *