WNI Yang Dipulangkan Dari China Akan Dikarantina Selama Dua Pekan

  • Whatsapp

INDOPOLITIKA.COM- Kepala Badan Nasional Penanggulanan Bencana (BNPB) Doni Monardo memastikan Warga Negara Indonesia yang dipulangkan dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ialah mereka yang tidak terjangkit virus corona. Kata dia, bagi WNI yang terinfeksi tidak akan ikut dievakuasi.

“WNI yang berada di Provinsi Hubei yang akan dipulangkan itu yang adalah warga yang sehat,” kata Doni

Muat Lebih

Donny menambahkan, sebelum WNI tersebut dipulangkan ke tanah air, mereka harus melakukan serangkaian proses pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Namun apabila kedapatan ada WNI yang terkena gejala demam, maka tidak bisa dipastikan untuk keluar dari Wuhan.

Kemudian kata dia, setibanya di tanah air, seluruh WNI akan diobservasi selama dua pekan di sebuah penampungan. Untuk selanjutnya akan dipulangkan ke keluarga masing-masing.

 “Mereka bukan dikarantina, bukan diisolasi, hanya diberikan penampungan sementara untuk observasi selama dua minggu,” kata dia.

Untuk itu, Donny meminta kepada masyrakat agar tidak perlu mengkhawatirkan dengan proses evakuasi ini. Ia memastikan semua akan baik-baik saja. Kata dia, Kementerian Kesehatan, TNI, dan unsur lainnya telah melakukan persiapan dengan standar medis yang diatur sedemikian rupa. Ia mengatakan, Menteri Kesehatan dan dirinya berada baris terdepan dalam mengawal kepulangan WNI dari China

“Artinya, kalau mereka sakit dan berisiko tertular, rasanya tidak mungkin Menteri Kesehatan dan Kepala BNPB berada di situ. Tentu ingin menyelamatkan diri,” kata dia.

Sebelumnya, pemerintah tengah bersiap untuk melakukan evakuasi WNI dari China cengan melakukan pesawat Batik Air dan Pesawat milik TNI AU, siang ini.[pit]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *